Cara meningkatkan Computer Performance

computer-performance

computer-performance

Pekerjaan akan berjalan lancar jika perangkat pendukung yang digunakan mendukung pekerjaan. Sedikit saja masalah yang muncul dalam perangkat pendukung menyebabkan pekerjaan menjadi lambat dan selesai di luar waktu yang ditentukan.

Dalam hal bekerja dengan komputer, baik pc ataupun laptop, kita harus memperhatikan performa dari komputer kita tersebut. Jangan tahunya hanya dipakai saja tapi perangkat itu butuh perawatan baik secara fisik (hardware) maupun softwarenya. Jangan menunggu rusak baru diperbaiki. Namun lakukan pekerjaan ini secara berkala agar perangkat pendukung pekerjaan anda benar-benar menjadi soulmate yang solid dalam kelancaran pekerjaan anda. Tidak pake ngadat atau ngambek disaat anda sedang sibuk-sibuknya.

Berikut adalah cara meningkatkan Computer Performance yang dapat kita lakukan sendiri.

  1. Perhatikan Visual Grafis. Kita harus memilih antara mementingkan visual grafis/tampilan dari komputer kita atau lebih mementingkan kualitas dan performa dari komputer PC anda. Caranya : Klik kanan icon My Computer -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Visual Effects.Kita bisa pilih sendiri di menu custom, tinggal check/uncheck pilihan kita sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.
  2. Hindari Program-program yang Tidak Berguna. Semakin banyak program yang ada di komputer maka hardisk akan lebih penuh. Dan semakin banyak isi hardisk yang terpakai maka komputer anda akan berjalan lebih lambat pula.
  3. Uninstall program-program yang tidak berguna. Caranya : Control Panel -> Add or Remove Programs. Sebaiknya untuk program yang jarang anda pakai maka di hapus saja dari komputer PC anda.
  4. Lakukan Disk Cleanup. Disk Cleanup ini akan membersihkan file-file bekas yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat space hardisk anda. Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang anda ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> Disk Cleanup
  5. Defragment Hardisk Berkala. Defragment ini juga bisa membersihkan hardisk dari data-data yang tidak berguna. Sehingga jika anda melakukan defragment hardisk ini akan menambah free spac penyimpananan hardisk anda.Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang anda ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> (tab) Tools -> Defragment Now
  6. Melakukan Tweaking dengan Software. Banyak software yang tersedia yang mampu meningkatkan performa komputer anda. Diantaranya Tune Up Utilities, CCleaner, RegCleaner dan masih banyak lagi. Tools-tools tersebut juga bisa membersihkan registry anda dari kesalahan-kesalahan / Error.
  7. Optimalkan Virtual Memori. Caranya : My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Advanced -> (Virtual Memori -> Change).Nah disitu ada bagian custom size anda isi disitu sesuai dengan yang ada diReccomended.
  8. Matikan beberapa fitur Start Up yang tidak berguna. Caranya : Start Menu -> RUN -> Ketikan MSCONFIG -> OK / Enter -> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus. Klik Menu service -> Hilangkan centang pada Automatic Updates. Setelah itu tekan Apply lalu OK

Posted on Mei 5, 2015, in Arsitektur Organisasi Komputer, Catatan Kuliah, Tempat Kerja, TIK and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: