Kompetensi Guru

Guru adalah sosok ilmiah dan sumber ilmu bagi orang lain, terutama untuk siswanya. Untuk menjadi  seorang guru yang berkualitas dalam bidang tugas yang diembannya, guru dituntut untuk mempunyai kemampuan tertentu yang dapat menunjang pelaksanaan tugasnya. Kemampuan khusus guru ini disebut kompetensi (competence).

 Teacher competence is the ability and the expert of teacher to apply in his job or duty, the principles and techniques of education. Kompetensi guru merupakan salah satu the art of teaching (seni  mengajar). Dalam dunia pendidikan, kompetensi mengindikasikan keahlian khusus guru dalam membimbing, mengarahkan dan menuntun pertumbuhan (growth) dan perkembangan (development) siswanya menjadi generasi yang bertanggung jawab pada masanya dan menjadi manusia dewasa (adult).

Kompetensi guru juga dapat diartikan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas yang digeluti berdasarkan pendidikan khusus di Perguruan Tinggi. Competence is the ability of teacher based on his special education at university for a long time.

Menurut undang-undang guru dan dosen nomor 14 tahun 2005 bahwa setiap guru di Indonesia dituntut menguasai kompetensi guru yang terdiri dari :

  1. Kompetensi Akademik (academic competence) = 10 kompetensi (menguasai bahan studi yang diajarkan, dengan mencintai tugas)
  2. Kompetensi Kepribadian (personality competence), adalah sifat-sifat terpuji dari akhlak dan tingkah laku guru untuk mendidik karakter (moral siswanya)
  3. Kompetensi Pedagogik (pedagogical competence), adalah bahwa guru bukan berfungsi sebagai guru di bidang ilmiah saja, tapi juga mendidik, membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan siswa menjadi manusia indonesia dewasa yaitu bertanggung jawab kepada pemerintah, masyarakat kepada diri sendiri dan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Kompetensi Agama (Religious Competence)

Kompetensi guru di atas berdasarkan CBTE, yaitu : Competence Based Teacher Education (Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi) secara internasional agar para guru mampu mencerdaskan kehidupan akademik (ilmiah) bagi para siswanya sebagaimana diatur dalam tujuan Pendidikan Nasional BAB III pasal 4 yaitu pada : Tujuan dan fungsi Pendidikan terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003.

Posted on Agustus 5, 2011, in Catatan Kuliah, Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: