Psikologi pendidikan

4Psikologi pendidikan merupakan salah satu cabang psikologi yang secara khusus mengkaji perilaku individu dalam konteks situasi pendidikan dengan tujuan untuk menemukan berbagai fakta, generalisasi dan teori-teori psikologi berkaitan dengan pendidikan, yang diperoleh melalui metode ilmiah tertentu, dalam rangka pencapaian efektivitas proses pendidikan. Kegiatan pendidikan, khususnya pada pendidikan formal, seperti pengembangan kurikulum, proses belajar mengajar, sistem evaluasi, dan layanan bimbingan dan konseling merupakan beberapa kegiatan utama dalam pendidikan yang di dalamnya membutuhkan psikologi.

Psikologi pendidikan bermanfaat untuk:

  1. Membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  2. Membantu pendidik dalam memahami karakteristik peserta didik.
  3. Memahami proses belajar peserta didik.
  4. Memilih dan menggunakan berbagai strategi dalam pembelajaran.
  5. Membantu pendidik untuk melakukan penilaian terhadap kegiatan belajar atau perolehan hasil belajar yang telah dicapai peserta didik.

Secara psikologis peserta didik tidak hanya merupakan seseorang atau sekelompok orang yang datang ke sekolah hanya untuk diberikan materi pelajaran. Tetapi juga merupakan kumpulan dari individu-individu yang memiliki latar belakang berbeda antara satu dengan yang lain. Dimana latar belakang itu secara tidak langsung memiliki pengaruh terhadap perilaku dan pola belajar peserta didik. Sebagai pendidik, sudah semestinya memahami pribadi peserta didik satu persatu. Walaupun sebenarnya hal tersebut adalah suatu hal yang sulit tetapi harus diupayakan untuk bisa memahami pribadi peserta didik tersebut. Kenapa mereka sulit menerima pelajaran, hal-hal apa yang membuat mereka tidak konsentrasi dan apakah mereka memiliki masalah di luar sekolah dan lain sebagainya. Dengan mengetahui hal-hal tersebut membuat pendidik lebih bisa memahami kondisi masing-masing peserta didik sehingga dalam kegiatan belajar mengajar dapat memberikan pendekatan yang sesuai kepada peserta didik tersebut.

Posted on Mei 15, 2011, in Catatan Kuliah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: