Uraian Hasil Analisis dari Program Iteman

educationProgram Iteman merupakan suatu program aplikasi komputer yang dapat digunakan untuk mengukur valid atau tidaknya soal yang diberikan. Hal ini berguna untuk perbaikan dan peningkatan kualitas soal yang dapat digunakan sebagai bahan tes selanjutnya.

Adapun Keterangan Tampilan Hasil Analisis dari Program Iteman tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Sequence number adalah nomor soal
  • Sequence of item nomor soal dari total soal.
  • Prop correct adalah tingkat kesukaran soal.
  • Biserial daya pembeda biserial
  • Point biserial (rpbi) daya pembeda atau dikenal juga validitas soal.
  • Key kunci jawaban dengan tanda bintang.
  • ? question mark (tanda tanya) adanya kesalahan kunci atau kesalahan validitas.

1. TINGKAT KESUKARAN

Tingkat kesukaran soal adalah kemampuan peserta ujian secara keseluruhan untuk menjawab butir soal dengan benar.

Cara menghitungnya :

=  siswa yang menjawab benar / jumlah peserta tes

Kategori tingkat kesukaran soal

0,00 – 0,30        soal tergolong sulit artinya hanya 0 – 30% siswa yang menjawab benar.

0,31 – 0,70        soal tergolong sedang artinya  31% – 70% siswa yang menjawab benar.

0,71 – 1,00        soal tergolong mudah artinya 71% – 100% siswa yang menjawab benar.

2. DAYA PEMBEDA

Daya pembeda adalah kemampuan butir soal dapat membedakan antara warga belajar yang telah menguasai materi yang ditanyakan dan warga belajar yang tidak menguasai materi yang ditanyakan.

Skala yang digunakan adalah -1 sampai dengan +1. Sama halnya dengan korelasi Pearson yang memiliki skala yang sama.

< 0,20               soal ditolak atau dibuang

0,20 – 0,29        soal diperbaiki

0,30 – 0,39        soal diterima dan diperbaiki

0,40 – 1,00        soal tergolong baik dan boleh dimasukkan ke bank soal

CONTOH HASIL ANALISIS SOAL

ITEMAN

Klik Disini untuk download contoh hasil (Output) Program Iteman (.doc)

Interpretasi Analisis soal pilihan ganda dari no 1 – 10 dengan menggunakan Iteman.

  1. N of Items = 10,  jumlah soal adalah 10
  2. N or Examinees = 38, jumlah peserta ujian adalah 38 siswa
  3. Mean = 5,289, jumlah rata-rata peserta ujian 5,289 dari 10 dengan skala 0
  4. Variance = 2,258, jumlah kuadrat dari standar deviasi
  5. Standar Deviasi = 1,503, simpangan baku hasil ujian
  6. Skew = -0,500
  7. Kurtosis = -0,770,  kurtosis sama dengan Skewness, digunakan untuk mengukur distribusi data.
  8. Minimum = 2, nilai minimum peserta ujian
  9. Maksimum = 7, nilai maksimum peserta ujian
  10. Median = 5, nilai tengah dari statistic
  11. Alpha = 0,249, alpha minimal diatas 70% dan baik jika 80% ke atas, jadi rekomendasi soal harus diperbaiki.
  12. SEM (Standard Eror Minimum) = 1,303, Kesalahan Baku Minimal nilainya cukup besar itu sebabnya harus kecil kalau boleh dibawah 1
  13. Mean P = 0,529, rata-rata tingkat kesukaran soal berkategori sedang karena diantara range 0,31-0,70
  14. Mean Item total = 0,355
  15. Mean Biserial = 0,522 korelasi Biserial daya pembeda cukup besar, karena yang baik yaitu  diatas 0,40 – 1,00 itu sebabnya disarankan soal (butir jawaban) tidak perlu direvisi.

Analisis perItem

Nomor Butir soal

Keterangan

1

Soal tergolong sulit karena tingkat kesukaran adalah 0,132
Terdapat Daya pembeda  namun ada satu pengecoh yang tidak berfungsi
Soal ini harus diperbaiki.

2

Soal tergolong sulit karena tingkat kesukaran adalah 0,158
Terdapat Daya pembeda  namun ada dua pengecoh yang tidak berfungsi
Soal ini diterima namun harus diperbaiki.

3

Soal tergolong mudah karena tingkat kesukaran adalah 0,868
Terdapat Daya pembeda  dan semua pengecoh berfungsi
Soal ini diterima namun harus diperbaiki.

4

Soal tergolong sedang karena tingkat kesukaran adalah 0,342
Terdapat Daya pembeda  dan semua pengecoh berfungsi namun
kunci jawaban perlu dicek kembali karena kunci terdeteksi  pada option 3 namun kenapa option 1 lebih banyak dipilih peserta ujian.
Soal ini diterima.

5

Soal tergolong sedang karena tingkat kesukaran adalah 0,605
Terdapat Daya pembeda  dan semua pengecoh berfungsi
Soal ini diterima.

6

Soal tergolong sedang karena tingkat kesukaran adalah 0,553
Terdapat Daya pembeda  dan semua pengecoh berfungsi
Soal ini diterima.

7

Soal tergolong sedang karena tingkat kesukaran adalah 0,395
Terdapat Daya pembeda  dan semua pengecoh berfungsi
Soal ini diterima.

8

Soal tergolong sedang karena tingkat kesukaran adalah 0,474
Terdapat Daya pembeda  dan semua pengecoh berfungsi
Soal ini diterima.

9

Soal tergolong mudah karena tingkat kesukaran adalah 0,974
Terdapat Daya pembeda  namun ada dua pengecoh yang tidak berfungsi
Soal ini diterima namun harus diperbaiki.

10

Soal tergolong mudah karena tingkat kesukaran adalah 0,789
Terdapat Daya pembeda  namun ada dua pengecoh yang tidak berfungsi
Soal ini diterima namun harus diperbaiki.

Posted on Februari 20, 2011, in Catatan Kuliah and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: