Teknik-teknik SEO yang dilarang

Pada dasarnya saya bukanlah orang yang pantas untuk menjelaskan suatu pembahasan tentang SEO. Anda bisa lihat sendiri bagaimana nasib blog saya. Terkadang untuk masuk pada suatu peringkat, blog ini bisa masuk peringkat 1 tapi kadang-kadang hilang lagi alias balik lagi jadi nol. Saya sendiri belum memahami betul bagaimana mengelola SEO ini agar lebih optimal. Tapi setidaknya saya sedang belajar dari blog-blog para pakar SEO yang jelas jam terbangnya lebih tinggi daripada blog saya yang masih seumur jagung.

Seorang teman pernah bertanya pada saya. Apakah penting peringkat dalam suatu blog atau web? Waktu itu saya bingung mau jawab apa. Saya hanya bisa bilang,  ya… sepertinya penting. Tapi untuk apa? Apakah untuk gengsi-gengsian atau bagaimana?

Setelah mencari informasi ke sana kemari, SEO ternyata benar-benar penting buat eksistensi suatu blog. Apalagi suatu blog atau situs seperti shopping online, promosi suatu produk, iklan dan lain sebagainya. Tentunya perlu mengetahui seberapa banyak yang mengunjungi situs atau blog mereka. Dan SEO bisa menjadi tolak ukur hidup matinya perkembangan usaha online mereka.

Selain itu, kembali pada niat awal kita membuat suatu blog. Apakah blog itu hanya ingin kita buat dan baca sendiri ataukah kita ingin seluruh dunia tahu dan membaca isi blog kita? Tentunya kalau kita ingin membuat suatu blog pribadi yang tidak ingin dibaca orang, SEO bisa jadi tidak usah terlalu dipikirkan. Toh, niat awalnya begitu, kan? Tapi jika alasan kita masuk pada kategori kedua, tentunya SEO menjadi suatu ukuran buat kita terhadap perkembangan blog yang kita buat.

SEO (Search Engine Optimiation) bisa dikatakan suatu teknik yang bertujuan mengoptimasi hasil pencarian search engine tentang suatu situs atau biasa disebut SERP (Search Engine Result Page).  Banyak cara untuk mempelajari tentang SEO, salah satunya Anda bisa berkunjung ke situs belajarseo.com atau situsnya mr.bayumukti yang sudah menulis banyak tentang SEO ini.

Dan di sini saya hanya menginformasikan bahwa ternyata untuk mendapatkan peringkat pada search engine itu ada rambu-rambu yang sudah di tetapkan dan harus diperhatikan buat para blogger. Search Engine seperti Google, apabila mengetahui bahwa Anda melakukan trik SEO curang demi memperoleh peringkat yang tinggi dalam hasil pencarian, maka Anda bisa di-blacklist dan situs Anda tidak ditampilkan di indeks Google. Sedih, kan?

Adapun daftar teknik yang dianggap jelek dan  sesat  oleh Google tersebut diantaranya :

  • Membuat teks atau link tersembunyi. Yaitu teks atau link yang memiliki warna, seperti warna background sehingga manusia tidak bisa melihatnya namun robots mampu membacanya.
  • Cloak Page, yaitu teknik untuk menyediakan halaman yang berbeda dari hasil pencarian di search engine.
  • Menggunakan redirect untuk tujuan menipu. Banyak web yang menyediakan redirect ke situs-situs terkenal agar pengunjung seolah mengira bahwa situs yang mereka kunjungi benar-benar situs yang memiliki hubungan dengan situs yang bermutu. Teknik ini biasanya digunakan oleh situs-situs yang kerjaannya menyebarkan spam ke mana-mana.
  • Menghalalkan segala cara untuk meningkatkan pagerank. Banyak orang yang me-link-an diri dengan web-web penyebar spammer.
  • Membombardir Google dengan Query otomatis. Hal ini memboroskan Bandwidth Google. Ini tidak disukai Google.
  • Menambahkan keyword praktis. Ini adalah teknik yang disukai pelaku SEO, yakni menambahkan kata-kata kunci yang tidak relevan terhadap halaman web. Kata-kata kunci ini kemudian bisa masuk di hasil pencarian. Ketika user membuka halaman tersebut, user akan tertipu karena tidak menjumpai konten yang diinginkan.
  • Membuat banyak halaman yang sama. Google membenci kegiatan pembuatan halaman, domain,  dan subdomain yang konten di dalamnya merupakan salinan dari konten lain.
  • Halaman yang tidak ada isinya. Misalnya, halaman yang hanya dipenuhi dengan iklan-iklan dan program afiliasi tanpa ada isi sama sekali.
  • Situs dengan nama domain yang digunakan untuk membingungkan user. Misalnya domain-domain yang ditujukan untuk mengaburkan nama asli, seperti http://www.php.org yang mengandung tipuan dari situs php asli di http://www.php.net. Ada juga yang mendasarkan pada variasi pengejaan, seperti http://www.yahho.com yang dimirip-miripkan dengan http://www.yahoo.com.

Nah, daftar-daftar tersebut bisa saja bertambah di masa yang akan datang tergantung pihak Google sebagai search engine.

Posted on Februari 16, 2009, in TIK and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. wew..
    baru ngerti nih, ternyata ada teknik curang juga toh..
    makasih artikelnya..
    membuka pengetahuan baru….

  2. Semuanya,
    ” Selamat Tahun Baru 2010 . . . ”
    Semoga hari esok lebih baik yaaa . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: