Internet

Internet merupakan singkatan dari inter-network, yang dapat diartikan sebagai jaringan di atas jaringan, atau jaringan yang saling terhubung luas dengan jaringan lainnya. Jelasnya, internet dapat dikatakan sebagai sebuah jaringan komputer umum yang sangat luas melewati batas-batas teritorial, negara atau wilayah yang saling terkait atau berhubungan. Semua informasi yang ada dalam suatu komputer dapat diakses oleh komputer mana saja yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Aktifitas yang dapat dilakukan di internet cukup banyak, seperti browsing, chatting, upload/download file, dan lain-lain.

Istilah-istilah dalam Internet

1. WWW

Banyak istilah yang dikenal dalam internet, diantaranya yaitu istilah “www “ atau World Wide Web. Biasanya istilah ini disebut dengan “web “saja. World Wide Web adalah dokumen hypertext  yang saling terhubung dan dapat dilihat melalui internet. Untuk melihat isi halaman-halaman tersebut diperlukan sebuah aplikasi khusus bernama web browser. Aplikasi web browser saat ini sangat bermacam-macam dan dengan keunggulan masing-masing. Contoh aplikasi web browser yang sering digunakan misalnya Internet Eksplorer, Mozilla Firefox, Opera dan sebagainya.

2. HTTP

HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. HTTP dapat diartikan sebuah protokol (bahasa) yang digunakan untuk menyampaikan informasi di internet. HTTP juga merupakan bahasa yang digunakan oleh client dan server untuk saling berkomunikasi. Penggunaan protocol ini seringkali erat hubungannya dengan nama domain atau situs, seperti :

htttp://www.google.com

http://www.yahoo.com

dan lain-lain

3. FTP

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, yaitu sebuah protocol atau bahasa khusus yang digunakan untuk mengirim file (upload) ke dalam server. FTP ini seringnya digunakan bagi orang yang memiliki situs sendiri dan sering meng-upload file-file ke dalam situs tersebut.

FTP dapat digunakan secara langsung, atau menggunakan aplikasi FTP manager. Jika digunakan secara langsung menggunakan web browser, sintaks yang biasa digunakan adalah ftp://namasitus.com. Cara ini jarang digunakan karena terlalu sulit terutama bagi para pemula.

Pada dasarnya upload merupakan tindakan mengirim file dari komputer lokal ke dalam server di internet. File yang telah di-upload dapat langsung dilihat secara online oleh semua orang di seluruh dunia, hanya dalam hitungan detik saja.

4. HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language, yaitu sebuah bahasa pemrograman khusus yang digunakan untuk membuat isi halaman web. Script HTML terdiri atas struktur baku yang memiliki sejumlah tag pembuka dan penutup.

Contoh :

<html>

<head>

<title>Tes<title>

</head>

<body>

<h1>Tes</h1>

<h2>Belajar nih</h2>

</body>

</html>

Apabila script tersebut dijalankan melalui web browser, maka tampilan yang muncul akan seperti berikut :

Tes

Belajar nih

HTML merupakan bahasa standar pembuatan kerangka halaman web saat ini. Selain HTML ada pula bahasa pemrograman web lain yang juga digunakan. Masing-masing bahasa pemrograman memiliki sintaks tersendiri. Skrip pemrograman web lain misalnya :

VBScript, JavaScript, PHP, ASP, JSP, XML, dan sebagainya.

(Sumber : Browsing dan Email Lebih Cepat dengan Mozilla FireFox dan Thunderbird, Wahana Komputer)

Posted on September 5, 2008, in TIK and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: