Landasan Ilmu Pendidikan

Bilakita telaah kehidupan akademik manusia sejak nabi adam dan hawa di surga dan setelah berkembang manusia dari 43 orang awalnya dan dewasa ini telah berjumlah lebih dari 5 milyar dan yang telah inna lillah sudah tidak terhitung jumlah milyarannya maka yang menjadi landasan manusia itu dididik adalah berdasarkan :

  1. Filsafat (Philosophy)
  2. Sejarah (History)
  3. Kebutuhan Manusia (Human Needs)
  4. Agama (Religion)


1. Filsafat

Menurut logika dan pemikiran plato dunia bisa aman sejahtera, tidak akan terjadi peperangan, perang antar suku dan ahli politik. Mana kala semua manusia dididik menurut keahlian (profesinya). Dengan keahlian ini masing-masing bekerja berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dituntutnya.

2. Sejarah/History

Dalam sejarah pendidikan,  pendidikan ini dibagi ke dalam beberapa periode, yaitu :

  1. Periode Zaman Batu (Klasik). Pada zaman ini manusia belajar kepada alam dengan mengetahui sekitar, tinggal di gua-gua dan di atas pohon.
  2. Periode Zaman Klasik, yaitu manusia mulai menemukan huruf, pandai menggambar dan memahat karena sudah ditemukan perunggu dan besi maka manusia bertambah pandai karena sudah tahu nama-nama benda alam.
  3. Periode Modern, yaitu ditemukannya mesin cetak sehingga ilmu disampaikan melalui barang cetakan dan ditemukan berbagai barang seperti mesin, kapal yaitu oleh James Watt ditemukan mesin dan oleh Thomas Alfa Edison ditemukan listrik.
  4. Zaman Mutakhir, yaitu dengan ditemukan teknologi tinggi seperti HP, TV, pesawat jet, lift, teknologi canggih, keluarga berencana, tumbuh berbagai jenis perguruan mulai dari play group, Taman Kanak, SD, SLP, SLA dan berbagai perguruan tinggi, pendidikan jarak jauh, E-Learning dengan teknologi tinggi (komputer, internet, dan sebagainya). Begitu pula dewasa ini di Perguruan Tinggi timbul sistem SKS, S1, S2,S3, Ad Hock training dan sebagainya. Orang yang berpendidikan dapat dilihat dari kedudukannya dan gelar.

3. Kebutuhan Manusia (Human Needs)

Kebutuhan manusia akan pendidikan makin terasa sehingga sudah berusia masih sekolah. Menuntut ilmu hingga ke luar negeri, belajar via internet, komputer bahkan dalam islam orang yang sakaratul mautpun masih diajar mengucapkan kalimat tauhid agar bisa langsung masuk surga. Atas dasar ini maka nabi Muhammad mengemukakan konsep pendidikan seumur hidup atau long life education, yaitu antara lain tuntutlah ilmu itu dari sejak ayunan sampai meninggal. Berkaryalah untuk duniamu seakan-akan anda hidup selama-lamanya dan beramallah sebanyak-banyaknya seakan-akan anda akan meninggal esok hari.

4. Agama (Religion)

Setiap agama besar di dunia seperti agama kaum nabi Musa dengan Taurat, Injil untuk kaum nabi Isa dan Al-Qur’an untuk manusia akhir zaman. Karena agama ini mengajarkan kepada pemeluknya menjadi pemeluk agama yang setia, baik, beriman, bertingkah laku baik, berbakti sesama manusia. Khusus agama islam diturunkan untuk semua hamba Allah, karena Al-Qur’an berisi ajaran yang telah disempurnakan Allah untuk semua hamba Allah tanpa membedakan suku, bangsa, tempat tinggal, budaya, adat, bahasa dan kelamin. Sebagaimana salah satu firman Allah dan Al-Qur’an : Hiduplah di dunia sebagai hamba Allah yang bersaudara, jangan berkelahi, jangan gontok-gontokan. Allah mengangkat derajat orang yang beriman dan menuntut dan mengembangkan ilmu.

Nenek moyang manusia Adam dididik Allah dalam sorga dengan mengajarkan semua nama yang ada di alam ini karena akan dijadikan Allah pengelola bumi, sebab itu Allah adalah maha pendidik bumi dan angkasa.

About these ads

Posted on Agustus 4, 2011, in Catatan Kuliah, Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: